Superclasico Perdana sepanjang sejarah Partai puncak Copa Libertadores

Superclasico Perdana sepanjang sejarah Partai puncak Copa Libertadores

Sejarah baru terjadi pada turnamen bergengsi benua Amerika, Copa Libertadores. 2 tim besar Argentina, Boca Juniors serta River Plate bakal saling berjumpa dalam laga partai puncak. Itu pertama kalinya superclasico tersaji pada pertandingan final Copa Libertadores.

Menariknya, laju 2 kesebelasan dari Buenos Aires ini dipastikan usai mengalahkan wakil dari Brasil pada semi-final. Boca dengan perkasa mengalahkan Palmeiras di pertandingan yang diselenggarakan 2 leg. Unggul 2-0 di La Bombonera, Carlos Tevez dkk lantas berlaga seri 2-2 kala gantian tandang menuju Brasil.

Di sisi lain, River Plate unggul dramatis melawan tim Brasil lain, Gremio. Sempat menerima kekalahan 0-1 pada Stadion El Monumental, pemain Marcelo Gallardo lantas membalasnya di kandang musuh.

Tertinggal terlebih dahulu di fase pertama, Rafel Santos membangkitkan asa River kala memaksakan skor jadi imbang pada menit ke-83. Drama pun berlangsung pada menit ke 5 waktu perpanjangan waktu usai kesebelasan tamu memperoleh hadiah penalti. Keputusan sang pengadil menunjuk titik penalti sempat membikin punggawa Gremio marah.

Mereka sampai-sampai menyerang sang pengadil lantaran menganggap hukuman penalti itu tak pantas diberi. Usai pertandingan terhenti beberapa menit, Gonzalo Martinez akhirnya menegaskan langkah River Plate menuju laga pamungkas usai eksekusinya membikin Los Millonarios berbalik menang 2-1.

Kesuksesan 2 musuh bebuyutan itu juga membikin mereka berlaga di laga pamungkas Copa Libertadores yang bakal bergulir 2 leg. Di pertandingan pertama Boca terlebih dahulu menjadi tuan rumah pada tanggal 7 November nanti. Di 28 November giliran River yang menjamu sang lawan.