Resmi: Supercoppa Italia Diselenggarakan 16 Januari di Arab Saudi

Resmi: Supercoppa Italia Diselenggarakan 16 Januari di Arab Saudi

Usai pernah tertunda, gelaran Supercoppa Italia akhirnya bakal diselenggarakan di 16 Januari 2018. Otoritas sepakbola Italia resmi menetapkan Arab Saudi menjadi tuan rumah pertandingan yang mempertarungkan jawara Serie A bersama Coppa Italia itu.

Musim ini, Juventus kembali jadi kesebelasan yang bakal bertarung sebagai wakil jawara liga. Di sisi lain, AC Milan bakal jadi wakil Coppa Italia. Sebenarnya, I Rossoneri cuma menyandang status menjadi runner up Coppa, namun menyusul juaranya merupakan Juve, maka kesebelasan runner up ditetapkan menjadi rival tanding peraih scudetto.

Pada awalnya jadwal Super Coppa musim ini simpang siur. Pernah dikatakan bakal berjalan di 12 Januari, pihak Liga Italia pada akhirnya mengambil keputusan 16 Januari menjadi hari pertandingan. Pertandingan Juventus melawan Milan itu juga bakal diselenggarakan di Jeddah.

Di sisi lain, terpilihnya Arab Saudi menjadi negeri yang menghelat pertandingan sempat menuai sejumlah protes, khususnya melalui badan Amnesti Internasional. Sebab negeri teluk itu selama ini tersohor punya poin sebuah pelanggaran hak asasi manusia lumayan tinggi di planet ini.

Sementara itu, apabila di negeri lainnya turnamen serupa diselenggarakan menjadi pemecah kebuntuan turnamen liga, Italia sesungguhnya kerap tak menentu di dalam mengatur jadwal Piala Super. Tahun kemarin juga turnamen itu dilaksanakan di tengah turnamen Serie A yang tengah berlangsung.

Tak cuma itu, Arab Saudi merupakan negeri ke 6 yang dipilih kekuasaan sepakbola Italia buat mengadakan Super Coppa. Sebelumnya turnamen itu telah berlangsung di Libya, New York, Beijing, Qatar, serta Shanghai.